Trims Hendri !

Ketika pertandingan Indonesia Vs Oman pada Rabu (06/01) di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta hampir selesai dan Indonesia sebentar lagi mengucapkan selamat tinggal pada Piala Asia. Seorang suporter berlari masuk kelapangan, badannya kelihatan sedikit gempal, berkacamata dengan baju timnas garuda di dada. Wasit meniup peluit untuk menghentikan sementara pertandingan, pemain Oman kemudian menendang bola ke sisi sebelah kanan pertahanannya. Lelaki bernama Hendri Mulyadi itu berlari dengan cepat mengincar bola, dia lolos dari hadangan Boaz Salosa yang ingin menangkapnya. Ketika bola berhasil didapatkannya, dengan telanjang kaki Hendri menggiring dan mendribel bola dengan cepat menyusur sisi kiri mengarah ke gawang, seorang polisi nampak kesusahan mengejarnya, ketika telah masuk daerah gawang, Hendri berusaha mengecoh kiper dan menendang bola, sepakannya kurang keras, dengan tertawa namun waspada kiper Oman, Al Habsiy,  yang juga Kiper Bolton Wanderes menahan bola dan menyelamatkan gawangnya dari keisengan suporter Indonesia yang kesal dan kecewa dengan tim nasionalnya.

Aksi Hendri berakhir setelah dia menendang bola, polisi yang tadi mengejarnya menarik lehernya dan Hendripun tersungkur, pemuda asal Bekasi itu menjadi tontonan jutaan orang seluruh Indonesia dan mungkin seluruh dunia setelah videonya di upload di you tube.  Meski tak baik untuk ditiru, tapi protes Henri dipuji banyak orang, banyak yang menyesal kenapa Hendrik tak bisa bikin gol untuk menolong timnas agar tak kalah di kandang sendiri, ada-ada aja. Protes Hendri termasuk unik, banyak yang bilang dia kurang waras, namun demikian ini adalah protes yang paling kreatif yang pernah saya lihat. Yang paling sering kita lihat adalah suporter masuk kelapangan dengan lari membawa bendera, atau menarik kaos pemain, tapi yang ini lain, dia merebut bola dan berusaha mencetak gol lagi, bener-bener gila. Kenapa Hendrik melakukan itu ?  “Saya melakukan itu karena kecewa tas prestasi timnas Indonesia yang tak pernah menang. Selalu kalah, bahkan selalu seri,” tuturnya saat ditanya wartawan di ruang interogasi keamanan yang terletak di area GBK.

Secara pribadi saya berterima kasih kepada Hendrik yang telah membuat PSSI harus mengevaluasi diri sebaik-baiknya . Setelah pencapaian terburuk sepanjang sejarah timnas di Sea Games Laos yang lalu, PSSI kembali menuai rekor buruk dalam 14 tahun terakhir yaitu tak lolos Putaran Final Piala Asia.  Kompetisi Indonesia Super League yang kita harap bisa melahirkan pemain-pemain tangguh, terlatih dan kompetitif berlaga di tingkat regional, belum menampakkan hasil, justru lebih sering disuguhi pertandingan bola plus plus, plus karate atau taekwondo. Untuk bersaing saja di tingkat ASEAN kita sudah jauh ketinggalan, bagaimana mau bermimpi bisa ikut Piala Dunia? Berbenahlah PSSI !

Bagi yang penasaran ingin melihat aksi Hendri, bisa dilihat disini :

Advertisements

3 thoughts on “Trims Hendri !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s