Rasa Yunani di Calton Hill Edinburgh

Kata lecturer saya ada tujuh bukit yang harus dikunjungi selama tinggal di Edinburgh. Bukit-bukit itu adalah Castle Rock tempat Edinburgh Castle berada, Arthur’s Seat, Blackford, Calton Hill, Costorphine Hill, Craiglockhart Hill dan Braid Hill. Ketujuh bukit ini lebih keren disebut, The Seven Hills. The Seven Hills inilah yang membentuk kota Edinburgh.

Empat diantara bukit-bukit tersebut sudah saya kunjungi. Blackford Hill adalah bukit pertama yang saya kunjungi, pada saat kuliah perdana saya di Univeristy Edinburgh. Sang Dosen mengajak kami untuk melihat evolusi bioenergy dari puncak Blackford Hill. Dari salah puncak bukit itulah beliau menerangkan mengenai bagaimana dulunya orang-orang begitu bergantung kepada pepohonan sebagai sumber energy, dan menurut dia seluruh bagian Blackford Hill dulunya adalah hutan, namun pepohonannya telah habis untuk membuat kapal besar dan untuk bahan bakar pembuatan senjata api. Dari Blackford kita bisa memandang ke enam bukit yang lain dan dari sanalah sang professor menunjuk satu persatu bukit tersebut. Blackford adalah salah satu tempat jogging dan jalan-jalan favorit penduduk setempat.  Terdapat Royal observatorium di bukit ini.

Tempat kedua yang saya kunjungi adalah Calton Hill, dan itulah yang akan saya tuliskan disini. Cerita Calton Hill masih ada kaitannya dengan tulisan saya tentang lapangan golf yang di larang di St Andrews pada era Raja James II. Pada masa pemerintahannya, Raja James II melarang golf dan menganjurkan olahraga memanah. Untuk mengkampanyekan anjuran ini, maka tahun 1456, kerajaan memberikan tanah calton hill kepada komunitas di Edinburgh untuk menjadi lokasi turnamen olahraga yang berhubungan dengan perang, ya salah satunya untuk memanah. Ratusan tahun kemudian baru ada bangunan di bukit ini.

Calton Hill dilihat dari Edinburgh Castle

Calton Hill dilihat dari Edinburgh Castle

Landmark Edinburgh

Calton Hill terletak dipusat kota berdekatan dengan Princess Street, tempat yang menjadi pusat jalan-jalan para turis di Edinburgh. Tidak sulit untuk mengakses masuk ke Calton Hill, tidak pakai biaya alias gratis. Bagi yang berkunjung ke Edinburgh dengan kereta, hanya dengan berjalan sekitar 10 menit sudah bisa sampai di calton hill. Ada anak tangga yang harus dinaiki kalau tidak ingin berkeliling untuk naik keatas. Tempat ini juga bisa diakses oleh pengguna kursi roda, dengan cara itu tadi, melewati jalan berputar.

National Museum, Partenon dari Edinburgh

National Museum,  Seperti Partenon dari Edinburgh

Di Calton Hill terdapat banyak obyek yang indah untuk diabadikan dengan kamera. Bangunan pertama adalah National Museum. Dibangun untuk mengenang para pahlawan skotlandia pada perang melawan Napoleon. Bentuknya sekilas mirip dengan Partenon di Yunani. Dua belas pilar menjulang yang menyerupai tiang-tiang kuil partenon di Yunani. Katanya bangunan ini tidak jadi karena kekurangan dana. Arsitek dari bangunan ini adalah CR Rockwell dan William Playfair dan dibangun pada tahun 1826.

Dugal Stewart Monument

Dugal Stewart Monument

Bangunan lain yang menghiasi bukit ini adalah Dugal Stewart Monument. Bangunan berbentuk sangkar burung perkutut ini dibangun tahun 1831 untuk mengenang filosof asal Skotlandia Dugal Stewart yang hidup dari tahun 1753 s.d 1828.  Dugal Stewart adalah professor dari University of Edinburgh yang mengajar moral filosofi hingga akhir hayatnya. Foto kota Edinburgh paling sering menampilkan monument ini karena menjadi foreground untuk melihat Edinburgh dari atas.

1 Nelson Monument

Nelson Monument

Selain kedua bangunan tersebut, terdapat juga Nelson Monument. Monumen ini dibangun untuk mengenang Admiral Lord Nelson yang gugur pada perang Trafalgar, Spanyol bagian selatan. Ceritanya, monument ini dibangun sebulan setelah perang yang menewaskan Lord Nelson. Jasad Lord Nelson sendiri belum sampai di Tanah Inggris Raya ketika monument ini dibangun. Monumen berbentuk menara ini mengenakan tiket tanda masuk.

Pusat Perayaan

Calton Hill di Malam Tahun Baru 2014

Calton Hill di Malam Tahun Baru 2014

Calton Hill merupakan pusat perayaan beberapa festival yang diselenggarakan di Edinburgh. Tempat ini biasanya menjadi tempat peluncuran kembang api. Pada acara torhclight procession, Calton Hill merupakan titik akhir pawai obor yang dimulai dari George IV Bridge, kearah Princess Street, Waterloo dan diakhiri di Calton Hill. Acara torchlight procession ditutup dengan kembang api dari Area Calton Hill. Pada puncak perayaan Hogmanay atau tahun baru ala scotladia, Calton Hill menjadi spot utama peluncuran kembang api dan juga tempat terbaik (tanpa harus membayar alias gratis) untuk melihat kembang api yang diluncurkan dari Edinburgh Castle maupun dari Calton Hill sendiri.

***

3 Arthurs Seat from Calton Hill

Untuk “hill” yang lain, Arthur’s Seat sudah saya tuliskan disini, dan untuk Edinburgh Castle akan sata ceritakan pada kisah tersendiri.

Salam dari Edinburgh

Baca Juga :

Mengenal Edinburgh

Tahun Baru Hogmanay 2014 di Edinburgh

Pawai Obor di Edinburgh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s