FERGIE TIME

Oleh : Ahmad Amiruddin

Fergie Time

Fergie Time (Getty Images/Daily Stars)

Pada awalnya ini hanya mitos. Beredar rumor wasit menambah waktu jika Man United sedang ketinggalan. Penyebabnya adalah karena sang pengadil tertekan oleh teriakan Alex Ferguson (Fergie) sambil menunjuk-nunjuk jam tangannya. Pada menit-menit ini, keajaiban biasanya datang menghampiri Man United. Menghancurkan lawannya yang tinggal menghitung mundur untuk menang. Lawan menjadi gelagapan dan gol-gol dimenit akhir tercipta, tak akan ada pendukung tim lain yang senang dengan hal ini, dan itulah keajaiban Fergie Time.

Kisah Fergie Time bermula di musim liga Inggris pertama tahun 1992/1993, ketika itu Man United berhadapan dengan Sheffield Wednesday. Kedudukan tetap 1-1 hingga 90 menit berakhir dan wasit memberikan 7 menit tambahan. Dalam rentang waktu tersebut, Steve Bruce dari Man United mencetak gol yang melapangkan jalannya Man United merebut gelar pertamanya setelah menunggu 26 tahun, dan itulah gelar liga inggris pertama yang dipersembahkan oleh Tuan Alex Ferguson sebelum gelar-gelar liga inggris lainnya bertaburan di pundaknya. Sejak saat itu kecurigaan merebak, Man United akan ditambahkan waktu lebih banyak ketika dia sedang ketinggalan.

Sebenarnya semua tim-tim besar di Liga Inggris mendapatkan tambahan waktu juga dibanding dengan tim-tim kecil. Graham Poll, mantan wasit yang sering menulis di Daily Mail menyatakan bahwa secara sadar ataupun tidak selalu ada tekanan untuk menjadikan tim besar itu tidak kalah dalam satu pertandingan apalagi bila pertandingan dilaksanakan di kandang tim besar tersebut.

Statistik 3 musim terakhir dari Sir Alex dari 2010/11, 2011/2012 dan 2012/2013 menunjukkan bahwa Man united bermain 79detik lebih lama ketika sedang kalah dibanding ketika menang. Lebih lama secara rata-rata dibanding Liverpool ataupun Manchester City. Tambahan waktu ini sebenarnya tak diatur FIFA. Konvensi umum mengatakan bahwa wasit menambah 30 detik untuk setiap gol atau pergantian pemain dan menghitung waktu ketika ada yang cedera di lapangan. Statistik juga menunjukkan bahwa “rata-rata” tim besar mendapatkan tambahan waktu lebih banyak ketika dia kalah dibandingkan ketika dia menang, kecuali Chelsea.

Fergie table

Sumber (bbc.co.uk)

Akan tetapi statistik ini tak selalu konsisten, Man united tak setiap musim mendapatkan waktu lebih banyak dibanding lainnya. Musim 2012/2013 memang Man United mendapatkan waktu lebih banyak, namun pada musim sebelumnya justru Man United mendapatkan waktu tambahan terendah dibanding tim besar lainnya.Dalam 20 tahun terakhir yang berada di bagian teratas bisa bergantian.

Namun, kisa Fergie Time telah menjadi cerita umum. Salah satu yang paling fenomenal adalah kemenangan Manchester United 2-1 melawan Bayern Munchen pada tahun 1999. Kedudukan masih 0-1 untuk kemenangan Bayern Munchen ketika waktu telah menginjak angka 90. Para pemain Muenchen berpikir telah menang dan meraih juara. Namun dua gol tambahan Man United dicetak oleh pemain pengganti Ole Gunnar Solksjaer dan Teddy Sheringham. Semuanya saat Fergie Time.

Kisah lain terjadi di tahun 2009 ketika dervy manchester berlangsung. Skor 3-3 bertahan hingga menit 90. Wasit memberikan tambahan waktu 6 menit, padahal wasit keempat mengindikasikan hanya empat menit tambahan. Gol dari Michael Owen memberikan kemenangan bagi Man United yang membuat pelatih Manchester CIty Mark Hughes berang.

“Saya tak melihat jam, saya tak tahu berapa menit tersisa” kata Sir Alex baru-baru ini. Gesture menunjuk jam digunakan untuk menekan wasit dan lawan ketika bertanding di Old Trafford. “Tentu saja tim lawan tertekan dengan hal ini”.

‘Most important thing is that those fans are walking out of the stadium desperate to get down to the pub to talk about, desperate to get home to tell their wife and their kids what happened at Old Trafford in the last minute of the game. And that’s my job, to get them home happy.”  (Alex Ferguson)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s