Tips Menggunakan Kompor Listrik untuk Pemula

induction-cooker-512

Keuntungan kompor listrik yang sangat mudah, membuat kompor jenis ini lebih digemari dibandingkan dengan kompor biasa. Barangkali penggunaan kompor listrik akan sangat mudah bagi anda yang telah lama menggunakannya. Namun akan beda cerita jika anda merupakan pengguna kompor dengan tenaga listrik ini.

Tidak perlu bingung, karena biasanya setiap pembelian kompor listrik akan disertai buku panduan mengenai cara menggunakan kompor listrik tersebut. Namun jika anda merasa buku panduan tersebut kurang begitu jelas. Berikut tips menggunakan kompor listrik untuk pemula yang perlu anda ketahui:

1. Sebelumnya matikan Perangkat Elektronik Anda

Umumya kompor listrik membutuhkan energi listrik yang cukup besar ketika digunakan. Karena itulah, untuk menghindari permasalahan listrik seperti listrik jeglek (listrik mati karena tidak kuat menahan beban), sebelum memasak anda perlu mematikan perangkat atau barang elektronik lain yang terdapat di dalam rumah anda.

Misalnya mesin cuci, setrika, magic com, atau barang elektronik lainnya yang memakan daya tinggi.

2. Selalu Menggunakan Panci dan Wajan khusus

Tidak perlu bingung menafsirkan mengenai panci dan wajan khusus ini. Karena yang dimaksud dengan panci dan wajan khusus di sini yaitu panci dan juga wajan yang telah tersedia saat anda membeli kompor listrik pertama kali.

Bisanya panci dan wajan akan selalu tersedia dan telah didesain pabrik memiliki kecocokan dengan jenis kompor  yang anda beli.

3. Aturlah Daya Listrik Terendah Dari Kompor Listrik

Hal penting lain yang perlu anda perhatikan sebelum mulai memasak yaitu, atur daya listrik kompor pada daya paling rendah. Hal ini sangat penting khususnya bagi anda yang memang memiliki daya listrik rendah dan khawatir akan terjadinya listrik tidak mampu mengangkat beban.

4. Letakkan Panci atau Wajan di Atas Kompor Listrik

Setelah memastikan kompor siap. Anda bisa langsung meletakkan panci atau wajan di atas kompor. Masukkan setelah wajan atau panci siap memasak, dan tunggu sampai kompor listrik bekerja memanaskan masakan anda.

Perhatikan mengenai cipratan minyak atau air pada jatuh pada atas kompor yang mungkin terjadi saat proses memasak. Jika memang terjadi, segera bersihkan agar tidak berbahaya.

5. Segera Matikan Kompor Listrik Setelah Selesai

Setelah selesai memasak, jangan lupa segera matikan atau nonaktifkan kompor tersebut. Matikan kompor listrik dengan cara memutar tombol power ke posisi yang menunjuk ke tulisan OFF atau mati. Selanjutnya, segera lepas kabel kompor yang tadi telah terhubung pada stop kontak listrik. Hal tersebut harus segera dilakukan agar tidak memboroskan penggunaan listrik di rumah anda.

Step yang terakhir, anda bisa langsung membersihkan kompor listrik. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan kain microfiber yang basah. Usap seluruh permukaan kompor listrik secara perlahan. Lakukan usapan berulang-ulang sampai kompor anda kembali bersih.

Itulah tips menggunakan kompor listrik bagi pemula. Sebenarnya cukup mudah bukan? Karena memang sebenarnya, cara penggunaannya hampir sama dengan penggunaan kompor biasa. Bagi anda yang tertarik membeli kompor listrik, tidak perlu bingung. Karena kini, kompor listrik kini telah tersedia di toko online terpercaya yaitu Bukalapak. Di Bukalapak anda akan menemukan kompor listrik dan juga peralatan dapur lainnya dengan mudah, aman, dan tentu dengan kualitas produk yang terjamin. Selain itu, di buka lapak anda juga akan dengan mudah menemukan berbagai varian harga kompor listrik. Sehingga anda bisa dengan mudah menyesuaikan dengan budget belanja anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s