Tips sebelum berangkat sekolah ke UK

Oleh Ahmad Amiruddin

Tips ini mungkin berguna bagi yang akan berangkat sekolah ke UK, tinggal setahun atau lebih dan menghabiskan waktunya di bangku kuliah. Mungkin juga berguna bagi yang hanya ingin jalan-jalan berberapa pekan menikmati pemandangan di UK.

Jangan bawa mi instan

DSC_0708

Ada Ind*mi disini

Ini nasehat saya yang pertama kalau ada yang bertanya. Karena tanpa saya prediksipun, bagi kita orang Indonesia kalau ke luar negeri inginnya merasakan makanan khas Negara sendiri, dan jenis makanan ini biasanya mendominasi sebagian koper kita dan bersaing dengan pakaian dan buku. Saya nasehatkan tak perlu bawa, karena disini juga banyak. Mi instan dengan merk Ind*mi* banyak dijual di toko halal asuhan orang-orang Pakistan/India atau di toko China. Di toko Pakistan, mi instan-nya adalah dari Arab lengkap dengan tulisan arabnya, harganya £1/3 bungkus. Sementara kalau di toko China, mi-nya buatan Indonesia yang memang untuk diekspor, harganya £0.35/bungkus. Rasanya? Pasti beda dengan di Indonesia, karena MSGnya kayaknya lebih sedikit. Tapi daripada menuh-menuhin koper doang, mending kopernya diisi rendang yang jelas-jelas gak ada disini.

Dokumen

Penting untuk memperhatikan jenis dokumen yang harus dibawa ke UK. Perhatikan jenis dokumen yang harus dibawa yang tertera di Confirmation of Acceptance for Studies (CAS). Standarnya yang dibawa adalah Ijazah asli, transkrip asli, terjemahan Ijazah dan transkrip, nilai IELTS, sertifikat bebas TB dan konfirmasi beasiswa bagi penerima beasiswa. Dokumen yang akan dibawa baik Paspor, Visa, Ijazah, Transkrip, sertfifikat TB, surat keterangan beasiswa agar difotokopi dan discan. Ada yang menyarankan agar satu set fotokopi dokumen disimpan dirumah, satu set fotokopi dibawa dan disimpan di koper, dan scan dokumen disimpan di cloud storage seperti dropbox atau google-drive yang bisa diakses dari mana saja. Gunanya adalah buat jaga-jaga. Menyimpan fotokopi dokumen dirumah gunanya banyak, misalnya jika ada keluarga yang akan ikut berangkat nanti dia sudah ada dokumen yang bisa digunakan.

Pakaian

Sebelum kita bahas pakaian, kita bahas musim dan suhu di UK. Berbeda dengan Indonesia yang berada pada garis nol derajat equator, UK berada di sekitar 55 derajat utara garis khatulistiwa. Efeknya adalah negara ini merasakan 4 musim seperti negara sub tropic lainnya, namun karena latitudenya relative tinggi, maka suhunya juga relative lebih dingin sepanjang tahun dibanding negara dengan latitude lebih rendah seperti Italy, Germany atau France. Secara umum suhu rata-rata sepanjang tahun di Inggris adalah 10 derajat, dan suhu rata-rata pada saat winter adalah 3-5 derajat celcius (Met Office).

Efek dari suhu ini adalah ke pakaian. Pakaian yang umum digunakan adalah sweater, celana training, dan jaket. Jika punya jenis pakaian ini dibawa aja. Kalau tidak punya belinya sekedarnya saja. Bawa satu jaket saja. Nanti setelah sampai di UK bisa beli dengan kualitas yang lebih baik. Soal harga? tergantung, kalau baru pastinya mahal, yang umum dipakai adalah jenis Superdry dengan harga dikisaran £75-100, atau sekitar 1.5 s/d 2 juta. Yang lebih murah banyak tersedia di Charity Shop maupun di Car Boot Sale, harganya di kisaran £5 s.d £12. Untuk pakaian lainnya seperti baju kaos, saya sendiri bawa semua baju yang saya suka dari Indonesia, karena memang digunakan sehari-hari.

Uang, Kartu Kredit dan ATM

Sebelum berangkat ke UK, sebaiknya tabungan di Indonesia didaftarkan e-banking dan meminta key/token dari bank untuk transaksi online setelah tiba di UK. Ada yang biasa bertanya berapa uang kontan yang bagusnya dibawa untuk pertama kali. Sebenarnya tidak ada jumlah pasti, uang kontan biasanya dibawa karena dua pertimbangan : pertama, kesulitan untuk mendapatkan mata uang asing di negara tujuan, dan yang kedua karena exchange rate di negara tujuan lebih mahal daripada menukar di tempat penukaran uang di Jakarta.

Membawa terlalu banyak uang pound di kantong juga terlalu beresiko, kecopetan atau hilang dijalan. Sebenarnya dengan £200 sudah sangat lebih dari cukup uang kontan yang dibawa ke UK. Sisanya bisa ditarik melalui ATM berlogo visa atau mastercard yang ada di UK. Exchange ratenya biasanya sedikit lebih mahal daripada anda menukar uang di Jakarta (misalnya di VIP Menteng atau di ITC Kuningan).

Penarikan di ATM di UK akan dikenakan biaya penarikan Rp.20.000 per sekali penarikan. Biasanya kita bias menarik uang pada range maksimum £400-500. Kartu kredit dari Indonesia juga bisa digunakan diUK. Hanya saja saya sarankan agar semua ATM dan kartu kredit sebelum berangkat di Scan semua nomornya, gunanya untuk jaga-jaga.

Setelah tiba di UK, para student biasanya membuka rekening di bank local yang ada di UK. Menurut saya semua bank sama saja, hanya yang perlu dipastika bahwa rekening yang kita buka tidak menarik biaya administrasi bulanan. Persyaratan untuk membuka account adalah Paspor, surat keterangan dan surat keterangan dari University dan proof of address (bisa menggunakan perjanjian kontrak dengan landlord). Saya sendiri membuka rekening di TSB dan RBS. Untuk masalah kemudahan persyaratan dan kecepatan TSB lebih cepat selesai dan relative lebih mudah. Namun untuk masalah keamanan dan secure RBS nampaknya lebih secure. Saya akhirnya membuka di TSB karena pembuatan di RBS agak lama dan kartu debitnya tidak bisa digunakan untuk transaksi top up telepon Giff Gaff karena masalah security.

Kartu Telepon

Setiba di UK, sebaiknya segera melapor ke student information center di University masing-masing. Karena dari University inilah yang akan memberi arahan apa yang perlu disiapkan dalam rangka persiapan kuliah.

Biasanya yang paling pertama di cari oleh student yang baru tiba adalah Kartu Telepon. Ada banyak pilihan kartu yang tersedia. Seperti adagium umum, harga tak bisa bohong, jika membeli kartu dengan harga murah maka sinyalnya biasanya hilang-hilang dan jika membeli yang harganya lebih mahal sinyalnya lebih bagus. Saya sendiri awalnya menggunakan 02 yang sinyalnya bagus tapi harganya lebih mahal, kemudian beralih ke Giff Gaff yang harganya murah tapi sinyalnya kadang hilang.

Semoga bermanfaat

Salam dari Edinburgh

Baca juga:

Belajar dari sistem exam di UK

Advertisements

One thought on “Tips sebelum berangkat sekolah ke UK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s